Selasa, 03 April 2012

Kepribadian Ganda (artikel psi. part 1)

Dissociative Identity Disorder (DID)

DID, atau yang lebih dikenal dengan istilah Split Personality atau Multiple Personality (kepribadian ganda), dulu dianggap sebagai salah satu jenis skizofrenia karena mengandung suatu gejala dari gangguan mental, yaitu pola pikir yang kacau. Mereka yang memiliki kelainan ini sebenarnya hanya memiliki satu kepribadian, tetapi si penderita akan merasa kalau ia memiliki banyak identitas yang memiliki berpikir, tempramen, tata bahasa, ingatan, dan interaksi terhadap lingkungan yang berbeda-beda.

Cirinya adalah minimal dua identitas atau kepribadian yang berbeda yang mengendalikan perilaku orang yang bersangkutan. Kepribadian-kepribadian itu mempersepsi, menilai dan bereaksi terhadap lingkungan dengan cara yang sangat berbeda dan ketika yang satu sedang memegang kendali, kepribadian-kepribadian yang lain tidak tahu-menahu. Jadi, gejala yang khas terjadi pada DID, si penderita enggak inget apa aja yang sudah dilakukannya. Gejala ini terjadi bukan karena pemakaian obat-obatan, kepalanya terbentur ata semacamnya, tapi karena ada pergantian kendali dalam diri si penderita.



Pemisahan DID dari skizofrenia dipicu oleh temuan psikoterapis Dokter Cornelia B. Wilbur atas diri pasiennya bernama Shirley Ardell Mason.Dalam buku tentang pasien ini yang ditulis oleh Flora Rheta Schreiber, Mason diberi nama samaran Sybil Dorset. Laporannya kemudian dibukukan dan diberi judul Sybil (1973). Buku ini sudah dua kali dibuat film (1976 dan 2007). Sybil (Shirley Mason) lahir tahun 1923 di Minnesota dan meninggal di Kentucky pada tahun 1998.Dia mempunyai ibu yang diduga skizofrenia dan ayah yang sikapnya acuh tak acuh. ibunya memperlakukan Sybil dengan sadis sejak usianya kurang dari dua tahun. Agar tidak menderita karena disakiti ibunya dan agar tetap bisa mencintai kedua orang tuanya, tetapi sekaligus juga tetap merasa sakit dan marah kepada ayah-ibunya , kepribadian Sybil terbelah menjadi dua, tiga dan seterusnya sehingga akhirnya Dr. Wilbur menemukan 16 kepribadian, yaitu:

  1. Sybil Isabel Dorsett (lahir:1923): kepribadian inti, lelah, jenuh.
  2. Victoria Antoinette Scharleau (1926): dipanggil Vicky; yakin pada diri sendiri, canggih, cantik, pirang, merupakan jejak memori dari kepribadian Sybil.
  3. Peggy Lou Baldwin (1926): asertif (mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan dengan cara yang pantas), penuh semangat, sering marah pada hidungnya yang buruk, rambut potogan Belanda, dan punya senyum yang nakal.
  4. Peggy Ann Baldwin (1926): teman Peggy Lou, dengan ciri-ciri tubuh yang serupa dengan Peggy, tetapi lebih sering takut daripada marah.
  5. Mary Lucinda Saunders Dorsett (1933): penuh pertimbangan, berhati-hati, keibuan, sayang kepada keluarga, agak tambun, berambut coklat panjang, dibelah samping.
  6. Marcia Lynn Dorsett (1927): terkadang nama keluarganya adalah Baldwin, pengarang dan pelukis, amat sangat emosional, wajah lonjong, mata kelabu, rambut coklat terbelah ditengah.
  7. Vanessa Gail Dorsett (1935): sangat dramatis dan sangat menarik, tinggi semampai, berambut merah, berwajah oval yang sangat ekspresif.
  8. Mike Dorsett (1928): kepribadian Sybil yang laki-laki, tukang bangunan dan tukang cat, warna kulit gelap, warna rambut juga gelap, mata coklat.
  9. Sid Dorsett (1928): sosok laki-laki kedua dalam kepribadian Sybil. Tukang cat dan tukang reparasi, warna kulit biasa, rambut hitam, mata biru.
  10. Nancy Lou Ann Baldwin (tanggal lahir tidak diketahui): berminat pada politik, religius, dan sangat takut (phobia) pada agama Katolik Roma (orang tua Sybil penganut fanatik agama Kristen Advent); ciri-ciri tubuhnya mirip Peggy Lou.
  11. Sybil Ann Dorsett (1928): tidak bersemangat, pucat, pemalu, wajah oval, hidung mancung.
  12. Ruthie Dorsett (tanggal lahir tidak diketahui): masih bayi, salah satu kepribadian yang tidak berkembang.
  13. Clara Dorsett (tanggal lahir tidak diketahui): sangat religius, sangat kritis pada kepribadian Sybil yang hendak bangkit kembali.
  14. Helen Dorsett (1929): sangat penakut, tetapi yakin bisa berprestasi, rambut coklat muda, mata indah, hidung mancung, dan bibir tipis.
  15. Marjorie Dorsett (1928): periang, mudah tertawa, berambut burnet, tubuh mungil, kulit normal dan hidung besar.
  16. The Blonde (si pirang; 1946): tidak bernama, selalu sebagai remaja, rambut keriting pirang, suara nyaring, merupakan wujud dari semua persatuan epribadian Sybil, dan muncul pada akhir terapi, dimana Dr. Wilbur berhasil memperkenalkan semua kepribadian Sybil satu sama lain. Si pirang ini menyimpan semua memori dari semua kepribadian Sybil.



Begitulah penjelasan saya tentang kepribadian ganda, semoga bermanfaat.. adioosss .... :)



Sumber:
Sarwono, Sarlito W. Pengantar Psikologi Umum. 2010. Jakarta: Rajawali Pers

4 komentar:

  1. buset itu banyak banget kepribadiannya O__o

    BalasHapus
  2. duhh ternyata emang bener2 ada yaaa, antara ngeri sama prihatin

    BalasHapus
  3. ini baru aja gw mau bahas filmnya..
    boleh ye gw ambil dari sini aja dasar teorinya :)

    BalasHapus
  4. haha gw aja pas baca serem sendiri haha. tapi makasih loh commentnya hehe

    @aminah: silahkeuunnnn :)

    BalasHapus