Rabu, 04 April 2012

Psikopat

Hahahaha kita bertemu kembali nih haha. Kali ini saya mau ngebahas tentang PSIKOPAT. Kalo ada yang ngomong tentang psikopat, pasti ngarahnya tentang orang sadis, jahat, suka nyakitin orang lain, diri sendiri bla bla bla... Nah daripada salah-salah, mending sekarang saya kasih tau ya apa sih psikopat itu, kenapa ada orang kaya gitu dan sebagainya.

Menurut yang saya baca di wikipedia nih, psikopat secara harfiah berarti sakit jiwa. Psikopat berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan phatos yang berarti penyakit. Pengidapnya juga sering disebut sebagai sosiopat karena perilakunya yang antisosial dan merugikan orang-orang disekitrnya. Sedangkan menurut buku Pengantar Psikologi Umum-nya Pak Sarlito, psikopat adalah istilah yang digunakan untuk orang-orang yang secara kronik (terus menerus) menunjukan perilaku immortal dan anti sosial.
Psikopat tidak sama dengak skizofrenia (gila), karena seorang psikopat sadar sepenuhnya atas perbuatannya. Mereka tidak peduli dan tidak dapat menahan diri untuk tidak melakukannya. Menurut psikolog dan psikiater, merak enggak peduli karena pada dasarnya mereka mempunyai kelainan kepribadian. Gejalanya sendiri sering disebut psikopati, pengidapnya disebut orang gila tanpa gangguan mental.

Perilaku psikopat biasanya nyerempet-nyerempet ke perilaku agresif, seksual, atau kriminal, kaya misalkan ngebunuh orang berkali-kali, memperkosa dan lain-lain. Dalam terminologi Psikoanalisis Freud, psikopat adalah orang yang Ego-nya terlalu dikuasai oleh Id dan Superego yang tidak ada pengaruhnya sama sekali sama Ego.  Jadi Ego cuma denger apa kata Id. Masa depan para psikopat ini pada umumnya ga bagus (yaiyalah ya -_-). Mungkin awalnya mereka bisa mempengaruhi beberapa orang biar mau jadi pengikutnya. Biasanya korban-korban ini lebih tertipu oleh tampilannya yang menawan. Mereka para psikopat pinter ngomong, jadi korban-korbannya gampang percaya. Semua usaha itu dilakukan agar orang-orang tidak langsung curiga kalo dia nih psikopat. Tapii, karena perbuatannya yang immortal dan antisosial itulah, semakin lama psikopat akan terisolasi dan dijauhi dari lingkungannya, dikeluarkan dari pekerjaan dan lainnya sehingga mereka jatuh miskin dan selalu sendirian. Gejala-gejalanya psikopat yaitu:
  •  Sering berbohong, fasih dan dangkal. Psikopat sering melucu dan pintar berbicara. Sering kali pandai mengarang cerita yang membuat dirinya menjadi positif, tapi kalo ketahuan bohong, dia ga peduli dan akan menutupinya.
  • Egosentris dan menganggap dirinya hebat.
  • Tidak punya rasa sesal dan bersalah.
  • Sering melakukan pelanggaran dan kesalahan diwaktu kecil.
  • Sikap antisosial diwaktu dewasa.
  • Kurang empati. Yang saya baca di salah satu website, katanya psikopat itu kalo motong kepala ayam ga ada bedanya sama motong kepala manusia.
  • Psikopat teguh dalam tindakan agresif, tidur larut malam dan suka ngajak berantem.
  • Impulsif dan susah buat ngendaliin diri.
  • Ga bertanggung jawab dan sering melakukan hal-hal yang bertujuan demi kesenangan belaka.
  • Manupulatif dan curang
  • Hidup sebagai parasit, karena hanya memanfaatkan orang lain demi kesenangan dan kepuasannya.


Ini adalah daftar wanita-wanita psikopat yang tercatat sebagai sejarah:


Belle Sorenson Gunness, Korban :42 
Wanita ini dinilai super sadis karena telah membunuh 42 orang dan juga telah meracuni anaknya sendiri demi mengklaim asuransi atas nama kedua anaknya. Wanita ini menghabisi seluruh nyawa korbannya hanya demi keserakahannya pada harta.


Jane Toppan, Korban: 31
Kalau yang satu ini, adalah seorang perawat dirumah sakit. Konon si perawat yang mempunyai badan kekar itu mempunyai trauma waktu kecil sehingga berubah menjadi wanita yang kejam. Pasien yang dipilih adalah pasien yang lemah dan sanggup melawan tubuh kekarnya. Kebrutalan Jane dalam seks lalu membunuh ini akhirnya terungkap setelah ia membunuh sebanyak 11 pasien pada tahun 1885. Ternyata setelah ditahan pun, nafsu membunuh Jane tidak berhenti. Ia mengaku telah membunuh 31 orang.


Countess Elizabeth Bathory, Multiple Korban (Mandi darah korban agar awet muda)
Dikenal dengan The Blood Countess. Hal ini karena perilaku anehnya yang hobi membunuh wanita-wanita muda dengan alasan darah mereka bisa membuatnya menjadi awet muda. Jadi setelah membunuh, darah para korbannya ia tampung di sebuah tempat, kemudian dipakainya untuk mandi. Dia berkeyakinan bahwa darah wanita muda dapat membuatnya awet muda.


Aileen Wuornos – Korban: 8
Awalnya Aileen pun mencari uang dengan cara menjual diri di jalan.Namun perlakuan kasar dan keras didapatnya saat hari pertama berpraktek sebagai pelacur. Laki-laki itu justru memperkosanya secara brutal. Aileen melawan akhirnya membunuh laki-laki itu. Inilah korban pertamanya. Ternyata, dia mengaku menikmati saat membunuh. Ada sesuatu yang menyenangkan hatinya saat membunuh. Tapi awalnya dia mengaku bahwa dia membunuh karena membela diri. Sejak itu, ia menjadi ketagihan membunuh. Setidaknya dia telah membunuh delapan laki-laki, tujuh di antaranya berasal dari Florida.


Rosemary West -10 (mungkin lebih)
Rose adalah seorang ibu dengan delapan orang anak. Dia adalah seorang pelacur bejat yang sangat sadis, bahkan dalam prilaku seksual pun ia sangat menyukai permainan seks yang dikombinasikan dengan penganiayaan. Dia adalah wanita paling jahat. Korbannya dipilih secara acak di jalanan, mereka adalah orang orang muda yang begitu naïf dan percaya bahwa Rose akan member mereka makanan, penginapan dan pakaian. Sungguh sialah nasih para gadis muda yang dapat dikecohkan oleh Rose. Karena begitu mereka mengikuti Rose, maka mimpi buruk akan menyertai hidup mereka sampai akhir hayat.


Begitulah penjelasan saya tentang psikopat. Semoga menyenangkan dan jadi tambah tau tentang psikopat hehe. Tapi jujur, saya aja merinding bacanya hiiyy..





Sumber:
Sarwono, W. Sarlito. Pengantar Psikologi Umum. 2010. Jakarta: Rajawali Pers
http://id.wikipedia.org/wiki/Psikopat, diakses tanggal 3 April 2012
http://terselubung.blogspot.com/2011/01/ciri-ciri-seorang-psikopat.html, diakses tanggal 3 April 2012
http://palingseru.com/511/10-wanita-psikopat-yang-tercatat-dalam-sejarah, diakses tanggal 3 April 2012

3 komentar: