Sabtu, 23 Oktober 2010

Ilmu Budaya Dasar

A. Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Secara umum pengertian kebudayaan adalah jalan atau arah dalam berfikir dan bertindak untuk memenuhi kebutuhan hidup kita, baik secara rohani maupun jasmani. Pokok-pokok yang terkandung dari beberapa devinisi kebudayaan :
1. Kebudayaan yang terdapat antara umat manusia sangat beragam
2. Kebudayaan didapat dan diteruskan melalui pelajaran
3. Kebudayaan terjabarkan dari komponen-komponen biologi, psikologi dan sosiologi
4. Kebudayaan berstruktur dan terbagi dalam aspek-aspek kesenian, bahasa, adat istiadat, budaya daerah dan budaya nasional



Ilmu budaya dasar adalah ilmu pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep untuk mengkaji masalah-masalah manusia serta kebudayaan. Ilmu Budaya Dasar juga dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari dasar-dasar kebudayaan.
Istilah Ilmu Budaya Dasar digunakan pertama kali sebagai pengganti istilah Humanitiesm yang berasal dari bahasa inggris. Istilah Humanitiesm itu sendiri berasal dari bahasa latin, HUMNUS yang artinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari The Humanities diandaikan seseorang akan lenih manusia, lebih berbudaya dan lebih halus. Maka dari itu, The Humanities bisa dikatakan berkaitan dengan manusia sebagai Homo Humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus, mereka harus mempelajari ilmu yaitu The Humanities disamping tidak meninggalkan tanggungjawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri.

B. Latar Belakang Ilmu Budaya Dasar
Latar belakang Ilmu Budaya Dasar dalam konteks budaya, negara dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan berikut:
1. Kenyataan bahwa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa, dan segala keanekaragaman yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya.
2. Proses pembangunan dampak positif dan negatif berupa terjdinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga mental manusia pun terkena pengaruhnya. akibatnyaakan timbul konflik dalam kehidupan.
3. Kemajuan ilmu pengetahuan dalam teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan nilai tata budayanya, sehingga manusia sering kali bingung sendiri akan teknologi yang dibuatnya. Hal ini merupakan akibat sifat ambivalen teknologi, sehingga saat ini manusia menjadi resah dan gelisah. 

C. Tujuan Ilmu Budaya Dasar
1. Mengenal perilaku sendiri dan orang lain
2. Mengenal lebih dalam dirinya sendiri maupun orang lain yang hanya dikenal diluarnya saja
3. Sebagai bekal penting untuk pergaulan
4. Mengusahakan kepekaan para mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru
5. Perlu bersikap luwes dalam pergaulan setelah mendalami jiwa dan perasaan manusia serta mau tahu perilaku manusia
6. Sebagai calon pemimpin bangsa serta ahli dalam disiplin ilmu tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan kekotaan sebagai disiplin ilmu yang kaku.

D. Ruang Lingkup ilmu Budaya Dasar
Dua masalah pokok yang biasa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, kedua masalah pokok itu adalah:
1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kebudayaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi keahlian dalam pengetahuan budaya maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai pengetahuan budaya.
2. Hakekat manusia yang universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaannya masing-masing jaman dan tempat.
Dilihat dari kedua masalah diatas, nampak dengan jelas bahwa manusia memiliki tempat yang sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai objek pengkajian, tetapi juga bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesama, dirinya sendiri nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubunga dengan Sang pencipta menjadi suatu tema sentral dalam Ilmu Budaya Dasar.

E. Pokok-pokok Bahasan yang Dikembangkan dalam IBD
1. Manusia dan Cinta Kasih
2. Manusia dan keindahan
3. Manusia dan Penderitaan
4. Manusia dan Keadilan
5. Manusia dan Pandangan Hidup
6. Manusia dan Tanggungjawab serta Pengabdian
7. Manusia dan Kegelisahan
8. Manusia dan Harapan



Sumber :
- http://massofa.wordpress.com/2008/10/21/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar/
- http://www.membuatblog.web.id/2010/02/ilmu-budaya-dasar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar