Kamis, 10 Oktober 2013

TUGAS 1 SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

A. Pengertian Informasi

Menurut Kamus Bahasa Indonesia, informasi mempunyai arti 1 penerangan; 2 pemberitahuan; kabar atau berita tentang sesuatu. Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda. Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun demikian, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentrophy, persepsi, stimulus, komunikasi, kebenaran, representasi dan rangsangan mental.

Dalam beberapa hal pengetahuan tentang peristiwa-peristiwa tertentu atau situasi yang telah dikumpulkan atau diterima melalui proses komunikasi, pengumpulan intelejen, ataupun didapatkan dari berita juga dinamakan informasi. Informasi yang berupa koleksi data dan fakta seringkali dinamakan informasi statistik. Dalam bidang ilmu komputer, informasi adalah data yang disimpan, diproses, atau ditransmisikan. Penelitian ini memfokuskan pada definisi informasi sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi dan alirannya.

Contoh:  Misalnya kita ingin bertanya kepada teman sekelas tentang dimana tempat pembelian buku untuk mata kuliah psikologi kognitif. Lalu teman kita menjawab, buku tersebut ada di took buku X. Nah, toko buku X tersebut merupakan suatu informasi yang kita dapat dari orang lain yang diterima melalui proses komunikasi.


Bagaimana informasi berinteraksi dengan sistem?

Sistem informasi terdiri dari dua suku kata yakni sistem dan informasi. Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan menurut Jerry FithGerald ; sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama - sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Jadi, sistem informasi adalah suatu sistem buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun, menyimpan, dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran kepada para pemakai.

B. Pengertian Sistem Informasi Psikologi

Pengertian psikologi sendiri adalah ilmu pengetahuan (ilmiah) yang mempelajari perilaku sebagai manifestasi dari kesadaran proses mental, aktivitas motorik, kognitif dan emosional. Sedangkan menurut Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.
Jadi bisa disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi merupakan suatu suatu sistem buatan manusia yang berbasis computer maupun manual yang digunakan untuk menyimpan dan menyediakan informasi yang berhubungan dengan psikologi.

Contoh: Di jaman serba canggih saat ini, segala sesuatu yang berhubungan dapat dicari dengan mudah. Apapun yang ingin kita tahu, yang berkaitan dengan psikologi dapat dengan mudah dicari. Contohnya saja www.psikologizone.com yang memuat berbagai informasi yang berhubungan dengan dunia psikologi. Seperti jurnal, konsultasi, tes kepribadian, event psikologi, pelayanan psikologi dan yang lainnya. Disini juga tidak hanya memuat materi psikologi secara umum, tetapi juga dibagi dalam beberapa hal, seperti klinis, pendidikan, remaja, sosial, dan yang lainnya.

Analisis: Dari contoh diatas dapat diketahui bahwa sistem informasi psikologi sangat berguna bagi para mahasiswa dalam mendapatkan hal-hal yang menyangkut dengan psikologi dengan mudah. Dan juga membuktikan bahwa suatu informasi tidak hanya bisa didapat melalui buku manual tetapi juga bisa didapat dengan bantuan komputer dan internet.


Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Informasi. diakses tanggal 7 Oktober 2013
http://www.artikata.com/arti-330712-informasi.html diakses tanggal 8 oktober 2013
http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi/ diakses tanggal 10 oktober 2013
http://willis.comze.com/pengertian_si.html diakses tanggal 8 oktober 2013
Ana.staff.gunadarma.ac.id/sistem+informasi. diakses tanggal 7 Oktober 2013

Basuki, H.(2008).Psikologi Umum.Depok: Universitas Gunadarma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar