Minggu, 27 November 2011

Manfaat Internet dalam Bidang Psikologi

Yaaa akhirnya kita sampai pada tugas softskill berikutnya. Tugas kali ini adalah tentang Kegunaan Internet dalam Bidang Psikologi. Jaman sekarang internet sudah bukan hal baru buat orang-orang di Indonesia dan juga di dunia. Mau cari apapun di internet pasti ada. Mulai dari foto, lagu, video, gambar-gambar apapun pasti ada sampai buat nyari temen-temen lama juga bisa. Apalagi didorong dengan adanya Wi-Fi dan modem yang memberikan kemudahan bagi penggunanya. Jadi ga perlu repot-repot bawa sambungan kabel lagi.

Nah, yang akan saya bahas disini adalah pencarian lowongan pekerjaan di internet. 


Saat ini mencari pekerjaan merupakan hal yang agak sulit, apalagi jika kita tidak mempunyai skill-skill atau kemampuan-kemampuan khusus dalam bidang tertentu. Dulu sebelum ada internet, jika kita ingin melamar pekerjaan, kita harus membeli koran-koran yang menyediakan lowongan pekerjaan pada kolom-kolom tertentu. Memilih-milih pekerjaan tersebut kemudian buru-buru membuat surat lamarannya. Akan lebih mudah dan menghemat energi jika surat tersebut boleh dikirim lewat pos, tetapi jika surat lamaran tersebut harus dikirimkan oleh kita sendiri, alangkah beratnya. Apalagi jika alamat kantornya kita belum terlalu tau, itu akan membuang-buang energi. 

Maka dari itu, sekarang ini banyak terdapat situs-situs untuk mencari pekerjaan di internet. Dengan mudah kita dapat menemukan pekerjaan sesuai dengan bidang kita. Jika dulu kita harus menulis surat lamaran dengan tangan, tulisan tersebut harus rapi dan tidak boleh ada coretan atau tipe-x, berbeda dengan sekarang. Kita tinggal mengirimkan CV ke alamat e-mail kantor yang akan kita lamar lalu tunggu panggilan. Sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Bahkan pekerjaan tersebut bisa disambi dengan mengecek facebook, twitter ataupun tumblr. 

Kita juga bisa memasukan iklan tentang diri kita sendiri, dan para perusahaan yang akan menghubungi kita.

Lalu ada pula berbagai macam artikel yang memberikan saran-saran bagi kita pada saat melamar pekerjaan.

Tetapi disamping kelebihan-kelebihan yang saya sebutkan diatas, ada juga kelemahannya. Seorang pencari pekerjaan di internet mungkin akan lebih tertarik membuka situs-situs lain dibandingkan membuka situs lowongan pekerjaan. Lalu adanya kemungkinan penipuan terhadap lowongan pekerjaan tersebut, dan adanya ketidak jelasan dari sumber-sumber informasi yang tertera pada lowongan pekerjaan.

Sekian penjelasan saya tentang dampak-dampak yang bisa diberikan oleh adanya situs lowongan kerja di internet. Semoga bermanfaat. Kurang lebihnya mohon maaf. Adios :)









sumber:

http://www.lowongan-pekerjaan.com/mos/Frontpage/

1 komentar: