Kamis, 24 Februari 2011

Penerapan Matematika dan Aplikasinya dalam Psikologi

Matematika tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Begitu pula dengan mata kuliah psikologi. Pada kali ini, saya akan menghubungkan matematika serta aplikasinya pada psikologi.  

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' (bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitas.

Salah satu contoh kasus yang menggunakan ilmu statistik terutama mean atau rata-rata yaitu:
Misalkan dalam satu kelas di sebuah SMA, terdapat 28 siswa kelas X yang mengikuti ulangan Bahasa Inggris. Berikut rincian nilainya:
87                               83
79                               82
69                               69
77                               65
75                               74
73                               80
88                               81
97                               85
71                               75
72                               83
87                               96
78                               75
87                               90
66                               74
Dari hasil nilai ulangan Bahasa Inggris tersebut, diperoleh dengan cara menjumlahkan seluruh nilai murid kemudian membagi sesuai jumlah murid. Dari hasil tersebut diperoleh hasil 2218 = 79,2 
                                                                                                    28
Dari rata-rata nilai hasil ulangan yang diperoleh siswa kelas X tersebut, dapat ditarik asumsi bahwa rata-rata nilai hasil ulangan dikelas tersebut dikategorikan BAIK, disebabkan oleh beberapa faktor. Antara lain :
  1. Materi untuk ulangan mudah
  2. Mayoritas siswa menyukai pelajaran bahasa inggris
  3. Mayoritas siswa menyukai guru bahasa inggris
  4. Guru bahasa inggris bisa menerangkan materi dengan jelas kepada siswa-siswanya
  5. Guru bahasa inggrisnya bisa mengadakan pendekatan secara psikologis terhadap siswa-siswanya





sumber:
http://statistikpendidikanii.blogspot.com/2008/04/mean-rata-rata.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Statistika